Bahtsul Masail Madrasah NU TBS Kudus: Ormas Islam Haram Jaga Gereja

Shortlink:

NUGarisLurus.Com – Alumni Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyyah (TBS) NU Kudus tergabung dalam Ikatan Siswa Abiturien (IKSAB) mengadakan bahtsul masail dan salah satu yang dibahas mengenai ormas Islam melibatkan menjaga gereja.

Bahtsul Masail ini diadakan di gedung madrasah TBS, pada Rabu (6/7) dengan menghadirkan para alumni serta masyayikh Madrasah TBS NU Kudus di antara KH Ulil Albab, KH Arifin Fanani, KH Hasan Fauzi.

Keputusan bahtsul masail alumni TBS NU Kudus menyatakan haram ormas Islam melibatkan diri dalam mengamankan gereja.

Adapun referensi yang digunakan adalah dalam kitab Al Fatawa Al Fiqhiyyah Al Kubra karya Ibnu Hajar Al Haytami Juz 4 hal 248:

ﻟﻔﺘﺎﻭﻯ ﺍﻟﻔﻘﻴه ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ ‏( ٢٤٨ /٤ ﺳﺌﻞ ﻋﻦ ﻛﺎﻓﺮ ﺿﻞ ﻋﻦ ﻃﺮﻳق ﺿﻤﻪ ﻓﺴﺄﻝ ﻣﺴﻠﻤﺎ ﻋﻦ ﺍﻟﻄﺮﻳﻖ ﺍﻟﻴﻪ ﻓﻬﻞ ﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﺪﻟﻪ ﺍﻟﻄﺮﻳ ﺍﻟﻴﻪ ﻓﺄﺟﺎﺏ ﺑﻘﻮﻟﻪ ﻟﻴﺲ ﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﺪﻟﻪ ﻟﺬﻟﻚ ﻷﻧﺎ ﻻﻧﻘﺮ ﻋﺎﺑﺪﻱ ﺍﻻﺻﻨﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﻋﺒﺎﺩﺗﻬﺎ ﻓﺈﺭﺷﺎﺩﻩ ﻟﻠﻄﺮﻳﻖ ﺇﻟﻴﻪ ﺇﻋﺎﻧﺔ ﻟﻪ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﺼﻴﺔ ﻋﻈﻴﻬﺔ ﻓﺤﺮﻡ ﻋﻠﻴﻪ ﺫﻟﻚ ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ ﺃﻋﻠﻢ ﺑﺎﻟﺼﻮﺍﺏ

Terjemahannya kurang lebih: Ada seorang kafir penyembah patung, kemudian dia lupa jalan menuju tempat ibadah patungnya maka dia bertanya kepada orang muslim. Apakah boleh seorang muslim menunjukkan jalan ke tempat ibadah tersebut?

Jawab: Seorang muslim tidak boleh menunjukkan jalan ke tempat ibadah itu karena kita tidak mengakui/meyakini/ mengimani penyembah berhala atas sembahannya, maka menunjukkan jalan ke tempat ibadah mereka adalah merupakan bentuk tolong menolong dalam hal kemaksiatan dan dosa besar kepada Allah, dan itu hukumnya haram. Wallahu a’lam bissawab.

Selain itu, menggunakan referensi dari Kitab Is’adurrofiq karangan Syaikh Muhammad Baabasil As Syafi’i Juz 2 Halaman 93. ﺇﺳﻌﺎﺩ ﺍﻟﺮﻓﻴﻖ ﺍﻟﺠﺰ ٢ ﺹ ٩٣ ﻭﻣﻨﻬﺎ ﺍﻹﻋﺎﻧﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻌﺼﻴﺔ ﺍﻱ ﻋﻠﻲ ﻣﻌﺼﻴﺔ ﻣﻦ ﻣﻌﺎﺻﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻘﻮﻝ ﺍﻭ ﻏﻴﺮﻩ ﺛﻢ ﺍﻥ ﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﻤﻌﺼﻴﺔ ﻛﺒﻴﺮﺓ ﻛﺎﻧﺖ ﺍﻻﻋﺎﻧﺔ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻛﺬﻟﻚ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺰﻭﺍﺟﺮ

Terjemahannya kurang lebih lebih: Termasuk dalam membantu maksiat dan dosa besar, baik dalam bentuk perkataan atau sebagaimana dalam larangannya.

[opinibangsa.id/Suara Nasional/NUgl]


Artikel Terkait