Jangan Takut Bicara SARA, KH. Cholil Nafis: SARA Itu Penting

Shortlink:

image

NUGarisLurus.Com – Meskipun banyak yang menakut -nakuti untuk bicara membahas tentang Suku, Antargolongan, Ras dan Agama (SARA), Ummat dan rakyat tidak perlu takut. Karena SARA terutama tentang agama menurut Islam adalah hal yang sangat penting untuk dibicarakan. Berikut penjelasan KH. Cholil Nafis ketua komisi fatwa Majelis Ulama Indonesia yang kami kutip dari akun facebooknya.

SARA itu Penting

Ada tiga hal yg memancing umat Islam marah: menghina Allah, menghina rasulullah saw. dan menghina Al Qur’an. Realitanya mereka yg menghina salah satu dari 3 itu hidupnya terhinakan. 

Agama sebenarnya membawa kedamaian tetapi menjadi konflik krn ada campur tangan politik, ekonomi dan ambisi pribadi atau kelompok. krn agamalah yg paling mudah utk jadi “bahan bakar” menyulut orang utk bergerak bahkan rela utk mati. 

jadi umat Islam bergerak ketika merasa agamanya dinistakan adalah bagian dari ketulusan hati, meskipun tak tahu masalah dan latarbelakang mengapa Al Qur’an dihina. Namun banyak orang yg salah paham bahwa “cemburu” untuk memuliakan agama dianggap terlibat dlm masalah politik, ekonomi dan sosial. 

Melibatkan keyakinan agama bahkan suku dalam ranah politik adalah hal yang wajar dan sah asalkan tidak merendahkan atau menistakan agama dan suku lain. Bahkan dianjurkan kita bertindak sesuai keyakinannya dan nilai yang dianutnya. menyerukan untuk meninggalkan SARA secara total dalam ranah politik adalah “pembunuhan” terhadap esensi keberagamaan. 

Seyogyanya SARA menjadi perekat antar masyarakat karena kesadaran diri bahwa perbedaan SARA adalah realitas dan keniscayaan. Karenanya kita saling mengerti dan toleransi bukan saling menyerang untuk menistakan dan menafikan SARA yang lain.

*Cholil Nafis*

Wallahu Alam


Artikel Terkait