Cegah Rusuh Piala Eropa, Perancis Larang Penjualan Miras

Shortlink:

image

NUGarisLurus.com – Piala Eropa 2016 menjadi sorotan publik. Bukan karena kompetisinya, melainkan karena kerusuhan yang terjadi selama tiga hari berturut-turut. Atas dasar hal tersebut, pemerintah Perancis pun mengeluarkan larangan penjualan minuman beralkohol di titik-titik tertentu selama ajang Piala Eropa berlangsung.

“Saya telah melarang penjualan, konsumsi, dan distribusi minuman- minuman beralkohol di titik-titik sensitif di hari saat berlangsungnya dan satu hari menjelang pertandingan, serta saat zona suporter dibuka,” ucap Menteri Dalam Negeri Perancis Bernard Cazeneuve, seperti dikutip dari BBC, Senin (13/6).

Larangan ini berlaku bagi semua area publik dan juga toko-toko yang biasa menjual minuman keras. Pihak berwenang di wilayah setempat juga berhak menutup bar dan cafe yang menjual minuman keras dan minuman berkaleng yang bisa digunakan sebagai senjata tawuran.

“Kejadian yang berlangsung di Marseille tidak bisa diterima. Tidak bisa diterima oleh pihak berwajib, warga sekitar, dan juga pecinta sepakbola,” ucap Cazeneuve, seperti dikutip BBC, Senin (13/6).

Namun pelarangan tersebut dipandang sebagai cara yang kurang efektif untuk mengurangi aksi kekerasan yang dilakukan suporter.

“Grup suporter lokal dan hooligan Rusia sengaja berkumpul dalam rangka menyusun kekuatan untuk menyerang suporter lain, terutama suporter Inggris yang sedang menikmati minuman dan makanan mereka,” ucap Kevin Miles dari Federasi Suporter Sepakbola yang mewakili suporter Inggris dan Wales.

Pada hari Minggu (12/6) silam, sebuah kerusuhan terjadi di luar stadion Velodrome sebelum pertandingan antara Inggris dan Rusia dimulai. Setelah pertandingan, kedua kubu pun kembali bentrok di dalam stadion. Beberapa suporter Rusia tertangkap kamera menendang dan memukul suporter Inggris. Akibat bentrokan tersebut, sejumlah orang terluka karena harus kabur dengan memanjat pagar pembatas stadion. [Kriminalitas.Com]

Komentar: Orang cerdas tahu alasan rasional Kebenaran Islam Mengharamkan Miras


Artikel Terkait