KH. Afifuddin Pertegas Klarifikasi Tidak Memfitnah Said Aqil

Shortlink:

image

NUGarisLurus.Com – Mantan pengurus Katib Syuriah PBNU yang juga pengarang kitab fiqh syarkh matan taqrib yaitu Fath al-Mujib al-Qarib KH. Afifuddin Muhajir menulis dan mempertegas klarifikasinya bahwa tudingan beliau terhadap Said Aqil bukanlah fitnah tapi realita.

image

Bersama Alm. Syekh Dr. Wahbah Zuhaili

Berikut ini klarifikasi beliau yang redaksi NUGarisLurus.com kutip melalui akun facebook pribadinya.

SEBUAH KLARIFIKASI

@ Salah satu kelebihan dr Islam Ahlus sunnah wal jama’ah, khususnya dr kalangan asya’irah dn maturidiyah ialah bhw golongan ini mendapatkan kekuatan dn energi yg luar biasa dari Allah subhanahu wa ta”ala.
@ Golongan ini selain ditopang oleh tampilnya arbabil aqwal wal afkar, yakni para ulama’ yg pakar dlm  brbagai bidang ilmu, jug disanggah oleh kehadiran arbabil ahwal, yakni kaum shufi yg memadukan antara ilmu dhahir dn ilmu bathin.
@ Di antara tokoh shufi yg menjadi panutan ialah imam al junaid al baghdady dn imam al ghazaly. Yg pertama  selain alim bisy syari’ah, diakui sebagai pemuka kaum shufi (سيد الطائفة الصوفية)، dn yg kedua diakui sebagai manusia jenius yg berhasil membuat kaum failasof bertekuk lutut, sehingg meyandang julukan HUJJATUL ISLAM.

@ Sebagaimana para ulama’ dn shalihin yg lain, imam al junaid dn imam al ghazali sangat dihormati dn ditakdhimi oleh kalangan ahlussunnah wal jama’ah, termasuk oleh kalangan nahdliyyin di Indonesia. Rasa hormat dn takdhim tumbuh dn melekat dg teradisi nahdliyyin  melallui pembacaan mereka terhadap kitab2 asasi (meski bukan qanun asasi) yg diajarkan dg inten di pesantren2 asuhan kiai2 nahdliyyin.

@ Maka, ketika ada org bercerita bhw kiai said aqil siraj punya pemikiran dn pandangan yg merendahkan kedua imam tsb, sy langsung tdk percaya dn menganggapnya fitnah dn sebuah kebohongan, krn menurut yg sy tahu, kiai said adalah pakar tashawwuf yg alim, bermadzhab Asy’ary – Maturidy, bukan salafy – wahhaby dn bukan mu’tazily – syi’iy, serta kental dg tradisi ke NU annya.

@ Tapi, alangkah kaget saya ketika tahu bhw apa yg sy anggap fitnah ternyata bukan fitnah dn yg sy anggap kebohongan bukan kebohongan, krn ternyata apa yg dituduhkan itu benar2 tersurat di dalam disertasi doktornya.
@ sy bukan hanya kaget, tapi juga cemas dg masa depan NU yg didirikan oleh hadlratusy syaikh kiai Hasyim Asy”ry, krn pemikiran seperti itu berpotensi untuk meruntuhkan keyakinan umat nahdliyyah terutama yg awam terhadap NU yg menjadikan dua tokoh tsb sebagai panutan di bidang tashawwuf.

@ Sebagai contoh sy cuplikan pernyataan kiai said di dlm disertasinya sbb:
* ttg imam al junaid:

فالجنيد – رغم تصريحه بالتمسك بالكتاب والسنة – قد تأثر تأثرا واضحا بفلسفة افلاطون الخرافية حينما وظفها توظيفا ذكيا لتفسير أية الميثاق، واستطاع الجنيد – ولاول مرة – ان يعبر عن رايه في التوحيد بعبارات افلاطونية عند ما عرف توحيد الخواص@

Maka Al junaid – kendatipun menyatakan brepegang teguh pd al qur’an dn al sunnah – sangat dipengaruhi oleh filsafah pelato yg penuh khurafat ketika ia menerapkannya dg cerdik dlm menafsirkan ayat al mitsaq. Al junaid – untuk pertama kalinya – mampu mengungkapkan pendapatnya ttg tauhid dg menggunakan ungkapan2 pelatonis ketika mendefinisikan tauhidnya kaum khawash (hal. 198)

* ttg lmam al ghazali:

ومع ذلك فان كلام الغزالي في لاحياء الذي يتعلق بالتوحيد باطل وفاسد، وكذلك كلامه في كتابه الموسوم بمشكاة الانوار كما سيتضح فيما بعد. كل هذا شجع الصوفية الذين جاؤا من بعده على الغلو والافراط، بعد ان فتح الغزالي الباب على مصراعيه@

Kendatipun demikian, pernyataan al ghazali di dlm kitab ihya’ menyangkut persoalan tauhid adlh batal dn salah. Begitu pula pernyataannya di dalam kitabnya yg bernama misykatul anwar, sebagaimana akan tampak jelas nanti. Ini semua mendorong kaum shufi yg datang sesudahnya untuk berperilaku berlebihan dn keterlaluan, (ini terjadi) setelah al ghazali membuka pintunya lebar2. (Hal. 290).
ان اريد الاصلاح ما استطعت وما توفيقي الا بالله.
والله من وراء القصد.

Sebelumnya Kiai Afif yang juga salah satu wakil pengasuh pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo ini mengajak untuk menyelamatkan NU yang didirikan Hadhrotu Syaikh KH. Hasyim Asy’ari supaya tetap menjadi benteng aqidah Aswaja, moral bangsa dan NKRI.

Wallahu Alam


Artikel Terkait