Perbedaan MMN, MM Dengan NU GL Menurut KH. Muhammad Idrus Ramli

Shortlink:

image

NUGarisLurus.Com – Dewan Pakar Aswaja NU Center KH. Muhammad Idrus Ramli belum lama ini mengisi kajian ilmiah di daerah Bekasi Jawa Barat. Sosok yang berjuluk ‘Pendekar Aswaja’ ini mendapatkan pertanyaan tentang media -media online Aswaja seperti MuslimediaNews (MMN), Muslimoderat (MM) dan sejenisnya yang sering berseteru dengan NU Garis Lurus (NU GL).

Lalu apakah perbedaan antar media online Aswaja tersebut? Berikut penuturan kisah Rais Syuriah NU Kencong Jember yang sangat disegani dan diwaspadai kalangan liberal, syiah, HTI dan wahabi ini. Kisah ini sudah menyebar di berbagai jejaring sosial media.

Kemarin saya mengisi acara Forum Silaturrahmi Warga Nahdliyyin (FOSWAN) di Bekasi. Ada pertanyaan menarik:

Menurut Kiai, polemik antara media online NU GL vs MMN dan MM, apakah keduanya memang orang NU atau bukan ?

Saya jawab:

Sekarang ini ada dua arus media kultural NU, pertama MMN dan MM. Ini di kelola oleh anak-anak NU yang bukan alumni pesantren. Kalau melihat sebagian adminnya. Kedua, NU GL, yang dikelola oleh anak-anak alumni pesantren.

Bedanya, kalau MMN dan MM berusaha menjaga kewibawaan struktural NU. Sedangkan NU GL, berusaha menjaga kemurnian ideologi NU yang berhaluan Ahlussunnah Waljamaah.

Menurut penuturan Gus Idrus, Ternyata MMN dan MM dikelola oleh bukan alumni pesantren yang sangat fanatik berlebihan terhadap struktural NU meskipun jika ada oknumnya yang menyimpang dari haluan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah? Wallahul Musta’an

Baca juga: Klarifikasi Ribath Darusshohihain Atas Penyesatan Opini Muslimoderat – http://www.nugarislurus.com/2016/02/klarifikasi-ribath-darusshohihain-atas-penyesatan-opini-muslimoderat.html


Artikel Terkait