Gus Najih: Bahaya Slogan “Gitu Aja Kok Repot”?

Shortlink:

image

NUGarisLurus.Com – Dirosah yaumiyyah/pengajian harian Syaikhina KH. Muhammad Najih Maimoen menyinggung slogan andalan seseorang yang hidupnya tidak mau repot yaitu bicara “Gitu aja kok repot”.

Slogan ini perlu diperhatikan secara khusus karena akan berdampak pada karakter seseorang dalam bersikap. Apabila slogan hanya sekedar untuk urusan duniawi yang bersifat sepele, Maka hal itu tidak ada masalah.

Namun jika merambah ranah yang bersifat urgent/penting seperti halnya dalam Ibadah, Amar Ma’ruf Nahi munkar, Maka sebisa mungkin mulut jangan sampe mengucapkan slogan tersebut, Karena dikuatirkan akan berdampak terhadap tasahul fi ad din (menggampangkan urusan Agama).

Dalam kitab Ihya’ Ulum Ad Din Imam Al- Ghazhali menyebutkan;

وعلى الانسان ان يتعب  نفسه في دفع المعاصي، كما عليه ان يتعب نفسه في ترك المعاصي، والمعاصي كلها في تركها تعب، وانما الطاعة كلها ترجع الى مخالفة النفس وهي غاية التعب.

“Setiap manusia diwajibkan untuk membuat payah dirinya dalam menolak maksiyat, Seperti halnya dalam membuat payah dirinya dalam meninggalkan maksiyat.

Dan semua maksiyat berat dan payah untuk di tinggalkan. Sedangkan ketaatan semuanya kembali kepada menyelisihi hawa nafsu dan itu adalah puncak kepayahan”.

Wallahu Alam

Sumber: Ustadz Umar Ad Dimawi


Artikel Terkait