Semoga Masih Berlaku: Keputusan Muktamar NU Tentang Hukum Alat Musik

Shortlink:

image

image

NUGarisLurus.Com – Dua video kami tentang musik mendapat banyak tanggapan karena tentang sosok berpengaruh bermain musik.
[Lihat https://facebook.com/story.php?story_fbid=641008156038258&id=467428066729602&refid=17&_ft_=top_level_post_id.641008156038258%3Atl_objid.641008156038258%3Athid.467428066729602%3A306061129499414%3A54%3A0%3A1454313599%3A-130853152592433344] [Video kedua https://facebook.com/story.php?story_fbid=641163232689417&id=467428066729602&refid=17&_ft_=top_level_post_id.641163232689417%3Atl_objid.641163232689417%3Athid.467428066729602%3A306061129499414%3A54%3A0%3A1454313599%3A3814994026845990454].

Berikut Hasil Keputusan Muktamar NU Tentang Hukum Alat Musik: NAHDLATUL ULAMA KEPUTUSAN MASALAH DINIYYAH NO: 21 / 13 RABI’UTS TSAANI 1345 H / 21 OKTOBER 1926 TENTANG ALAT ALAT MUSIK ORKES.

Tanya : Bagaimana hukum alat-alat orkes (mazammirul-lahwi) yang dipergunakan untuk bersenang senang (hiburan)? Bila haram, apakah termasuk juga terompet perang, terompet jemaah haji, seruling penggembala dan seruling permainan anak-anak (damenan, Jawa)?

Jawab :

Muktamar memutuskan bahwa segala macam alat-alat orkes (malahi) seperti seruling dan segala macam jenisnya dan alat-alat orkes lainnya, kesemuanya itu HARAM , kecuali terompet perang, trompet jema’ah haji, seruling gembala, seruling permainan anak-anak dan lain- lain sebagainya yang tidak dimaksudkan untuk dipergunakan hiburan.

Keterangan : dalam kitab al-Ithaf ‘alal Ihya’ Ulumiddin Juz VI.

ﻓﻲ ﺍﻹﺗﺤﺎﻑ ﻋﻠﻰ ﺍﻹﺣﻴﺎﺀ ﻣﺎ ﻧﺼﻪ : ﻓَﺒِﻬَﺬِﻩِ ﺍﻟْﻤَﻌَﺎﻧِﻰ ﻳَﺤْﺮُﻡُ ﺍﻟْﻤِﺰْﻣَﺎﺭُ ﺍﻟْﻌِﺮَﺍﻗِﻲُّ ﻭَﺍْﻷَﻭْﺗَﺎﺭُ ﻛُُﻠُّﻬَﺎ ﻛَﺎﻟْﻌُﻮْﺩِ ﻭَﺍﻟْﻀَّﺒْﺢِ ﻭَﺍﻟْﺮَّﺑَّﺎﺏِ ﻭَﺍﻟْﺒَﺮِﻳْﻂِ ﻭَﻏَﻴْﺮِﻫَﺎ ﻭَﻣَﺎ ﻋَﺪَﺍ ﺫَﻟِﻚَ ﻓَﻠَﻴْﺲَ ﻓِﻲْ ﻣَﻌْﻨَﺎﻫَﺎ ﻛَﺸَﺎﻫِﻴْﻦِ ﺍﻟﺮُّﻋَﺎﺓِ ﻭَﺍﻟْﺤَﺠِﻴْﺞِ ﻭَﺷَﺎﻫِﻴْﻦِ ﺍﻟﻄَّﺒَﺎﻟِﻴْﻦَ , ﺃﻫـ .

Dengan pengertian ini, maka HARAM – lah seruling Iraq dan seluruh peralatan musik yang menggunakan senar (gitar) seperti al-‘ud, ak-dhabh, rabbab dan barith (nama-nama peralatan musik Arab). Sedangkan yang selain itu maka tidak termasuk dalam pengertian yang diharamkan seperti (membunyikan suara menyerupai) burung elang yang dipergunakan para penggembala, jamaah haji, dan pemukul genderang.

LIHAT : Ahkamul Fuqaha, Solusi Problematika Hukum Islam, Keputusan Muktamar, Munas, dan Konbes Nahdlatul Ulama (1926-2004 M), h.19-20, Pengantar: Rais ‘Am PBNU, DR.KH.MA Sahal Mahfudh, Penerbit Lajnah Ta’lif wan Nasyr (LTN) NU Jawa Timur dan Khalista, cet.III, Pebruari 2007

MUKTAMAR I NAHDLATUL ULAMA KEPUTUSAN MASALAH DINIYYAH NO: 22 / 13 RABI’UTS TSAANI 1345 H / 21 OKTOBER 1926 TENTANG ALAT-ALAT MUSIK YANG DIPUKUL (DIBUNYIKAN) DENGAN TANGAN

Tanya : Bagaimana hukumnya alat alat yang dibunyikan dengan tangan?

Jawab :

Muktamar memutuskan, bahwa segala alat yang dipukul (dibunyikan) dengan tangan seperti rebana dan sebagainya itu hukumnya MUBAH (boleh) selama alat- alat tersebut tidak dipergunakan untuk menimbulkan kerusakan dan tidak menjadi tanda-tanda orang fasiq kecuali kubah (sejenis gendang-penj.) yang telah ditetapkan HARAM-nya dalam hadits (nash).

Keterangan : dalam kitab al-Ithaf ‘alal Ihya Ulumiddin:

ﻓﻲ ﺍﻹﺗﺤﺎﻑ ﻋﻠﻰ ﺍﻹﺣﻴﺎﺀ ﻣﺎ ﻧﺼﻪ : ﻭَﻛَﺎﻟﻄَّﺒْﻞِ ﻭَﺍﻟْﻘَﻀِﻴْﺐِ ﻭَﻛُﻞُّ ﺁﻟَﺔٍ ﻳُﺴْﺘَﺨْﺮَﺝُ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺻَﻮْﺕٌ ﻣُﺴْﺘَﻄَﺎﺏٌ ﻣَﻮْﺯُﻭْﻥٌ ﺳِﻮَﻯ ﻣَﺎﻳَﻌْﺘَﺎﺩُﻩُ ﺃَﻫْﻞُ ﺍﻟﺸُّﺮْﺏِ ِﻷَﻥَّ ﻛُﻞَّ ﺫَﻟِﻚَ ﻻَ ﻳَﺘَﻌَﻠَّﻖُ ﺑِﺎﻟْﺨَﻤْﺮِ ﻭَﻻَ ﻳُﺬَﻛِّﺮُﺑِﻬَﺎ ﻭَﻻَﻳُﺸَﻮَِّﻕُ ﺇِﻟَﻴْﻬَﺎ ﻭَﻻَﻳُﻮَﺟَﺪُ ﺍﻟﺘَّﺸَﺒُّﻪُ ﺑِﺄَﺭْﺑَﺎﺑِﻬَﺎ ﻓَﻠﻢَْ ﻳَﻜُﻦْ ﻓِﻲْ ﻣَﻌْﻨَﺎﻫَﺎ ﻓَﺒَﻘِﻲَ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﺻْﻞِ ﺍْﻹِﺑَﺎﺣَﺔِ ﻗِﻴَﺎﺱِ ﻋَﻠﻰَ ﺻَﻮْﺕِ ﺍﻟﻄُّﻴُﻮْﺭِ ﻭَﻏَﻴْﺮِﻫَﺎ ﺇِﻟَﻰ ﺃَﻥْ ﻗَﺎﻝَ ﻓَﻴَﻨْﺒَﻐِﻲ ﺃَﻥْ ﻳُﻘَﺎﺱَ ﻋَﻠَﻰ ﺻَﻮْﺕِ ﺍﻟْﻌَﻨْﺪَﻟِﻴْﺐِ ﺍْﻷَﺻْﻮَﺍﺕِ ﺍﻟْﺨَﺎﺭِﺟَﺔُ ﻣِﻦْ ﺳَﺎﺋِﺮِ ﺍْﻷَﺟْﺴَﺎﻡِ ﺑِﺎﺧْﺘِﻴَﺎﺭِ ﺍْﻷَﺩَﻣِﻲِّ ﻛَﺎﻟَّﺬِﻱْ ﻳَﺨْﺮُﺝُ ﻣِﻦْ ﺣَﻠْﻘِﻪِ ﺃَﻭْ ﻣِﻦَ
ﺍﻟْﻘَﻀِﻴْﺐِ ﻭَﺍﻟﻄَّﺒْﻞِ ﻭَﺍﻟﺪَّﻑِّ ﻭَﻏَﻴْﺮِﻩِ . ﻭَﻻَ ﻳُﺴْﺘَﺜْﻨَﻰ ﻋَﻦْ ﻫَﺬِﻩِ ﺁﻟَﺔِ ﺍﻟْﻤَﻼَﻫِﻲ ﻭَﺍْﻷَﻭْﺗَﺎﺭُ ﻭَﺍﻟْﻤَﺰَﺍﻣِﻴْﺮُ ﺇِﺫْ ﻭَﺭَﺩَ ﺍﻟﺸَّﺮْﻉُ ﺑِﺎﻟْﻤَﻨْﻊِ ﻋَﻨْﻬَﺎ . ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺃَﻳْﻀًﺎ : ﻭَﺑِﻬَﺎﺫِﻩِ ﺍﻟْﻌِﻠَّﺔِ ﻳَﺤْﺮُﻡُ ﺿَﺮْﺏُ ﺍﻟْﻜُﻮْﺑَﺔِ ﻭَﻫُﻮَ ﻃَﺒْﻞٌ ﻣُﺴْﺘَﻄِﻴْﻞٌ ﺭَﻗِﻴْﻖُ ﺍﻟْﻮَﺳْﻂِ ﻭَﺍﺳِﻊُ ﺍﻟﻄَّﺮﻓَﻴْﻦِ ﻭَﺿَﺮَﺑَﻬَﺎ ﻋَﺎﺩَﺓُ ﺍﻟْﻤُﺨَـﻨِّﺜِﻴْﻦَ ﻭَﻟَﻮْﻻَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻪِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺘَّﺸْﺒِﻴْﻪِ ﻟَﻜَﺎﻥَ ﻣِﺜْﻞَ ﻃَﺒْﻞِ ﺍﻟْﺤَﺠِﻴْﺞِ ﻭَﺍﻟْﻐُﺰُﻭِّ . ‏( ﺍﻹﺗﺤﺎﻑ ﻋﻠﻰ ﺍﻹﺣﻴﺎﺀ )

Seperti kendang dan drum serta semua alat (pukul) yang dipergunakan untuk mengeluarkan suara yang enak dan teratur, berirama, kecuali yang biasa digunakan oleh peminum minuman keras, karena semua itu tidak berhubungan dengan minuman keras, dan tidak mengingatkannya, tidak membuat kerinduan kepadanya, serta tidak ada keserupaan dengan empunya sehingga tidak termasuk dalam pengertiannya (yang diharamkan) dan hukumnya menjadi MUBAH sebagaimana hukum asli. Sesuai dengan yang diqiyaskan pada suara burung bul-bul, semua suara suara yang keluar dari anggota tubuh manusia sesuai dengan kehendaknya seperti yang keluar dari tenggorokannya atau dari kendang, drum, rebana dan lainnya.

Dalam hal ini tidak dikecualikan semua alat-alat hiburan, aneka macam gitar dan seruling, karena (semua itu) TELAH ADA LARANGAN dari syara’ terhadapnya. Beliau ( Imam al-Ghazali -penj.) juga berkata: “dengan illat (faktor penyebab- penj.) ini HARAM hukumnya memukul al- kubah (kendang). Yaitu suatu alat musik sejenis kendang yang berbentuk memanjang, di arah tengah agak tipis, sedang dua sisi ujungnya agak luas. Biasanya jenis alat musik ini ditabuh oleh waria. Andaikan musik ini tidak digunakan oleh waria (lelaki bergaya perempuan) , niscaya secara fungsional tidak berbeda dengan kendang atau terompet yang digunakan jamaah haji atau kendang perang.”

LIHAT : Ahkamul Fuqaha, Solusi Problematika Hukum Islam, Keputusan Muktamar, Munas, dan Konbes Nahdlatul Ulama (1926-2004 M), h.19-20, Pengantar: Rais ‘Am PBNU, DR.KH.MA Sahal Mahfudh, Penerbit Lajnah Ta’lif wan Nasyr (LTN) NU Jawa Timur dan Khalista, cet.III, Pebruari 2007.

Apa hukum dari hasil keputusan Muktamar NU ini tidak berlaku bagi Mursyid Thoriqoh? Wallahu Alam


Artikel Terkait