Kajian Imam Besar Dan Rais ‘Amm NU Garis Lurus ‘Natal Dan Tahun Baru’

Shortlink:

image

NUGarisLurus.Com – Rais ‘Amm NU Garis Lurus KH. Yahya Zainul Ma’arif atau yang akrab dipanggil Buya Yahya dan Imam Besar NU Garis Lurus KH. Luthfi Bashori pagi ini Selasa (29/12) mengisi kajian bersama di Masjid Jami’ At Taqwa Cirebon Jawa Barat.

Tema yang dibahas oleh KH. Luthfi Bashori, saat mengunjungi pengajian rutin Buya Yahya di Masjid Jami’ Attaqwa Cirebon dan disiarkan langsung oleh Stasiun TV Albahjah, adalah tentang haramnya kaum muslimin mengucapkan SELAMAT NATAL kepada umat Kristiani, ikut hadir natalan, ikut menjaga Gereja Natal (kecuali pihak kepolisian yang bertindak mengamankan lingkungan).

Sedangkan muslim sipil seperti Banser (Anshor), jika memaksa ikut jaga Gereja Natal, maka telah melanggar syariat Allah. Bahkan Imam Besar NU Garis Lurus tersebut menyatakan  bahwa ayat Alquran secara tegas menerangkannya:

وَقَدْ نَزَّلَ عَلَيْكُمْ فِي الْكِتَابِ أَنْ إِذَا سَمِعْتُمْ آيَاتِ اللَّهِ يُكْفَرُ بِهَا وَيُسْتَهْزَأُ بِهَا فَلَا تَقْعُدُوا مَعَهُمْ حَتَّىٰ يَخُوضُوا فِي حَدِيثٍ غَيْرِهِ ۚ إِنَّكُمْ إِذًا مِّثْلُهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ جَامِعُ الْمُنَافِقِينَ وَالْكَافِرِينَ فِي جَهَنَّمَ جَمِيعًا (140) النساء

” Dan sungguh Allah telah menurunkan kekuatan kepada kamu di dalam Al Quran bahwa apabila kamu mendengar ayat-ayat Allah diingkari (oleh orang-orang kafir) dan diperolok-olok (saat mereka menyembah Tuhan selain Allah, ya seperti saat Natalan ini) maka janganlah kalian duduk beserta mereka (duduk di area Gereja Natal saja dilarang oleh Allah, apalagi ikut mengucapkan Selamat Natal), sehingga mereka(kaum Nasrani itu)  memasuki pembicaraan yang lain (seperti bicara urusan bisnis di luar acara Natal). Karena sesungguhnya (kalau kalian hai oknum kaum muslimin, kok nekad berbuat demikian yaitu ikut jaga Gereja Natal dan mengucapkan Selamat Natal), tentulah kalian itu serupa dengan mereka (di dalam kemusyrikan). Sesungguhnya Allah akan mengumpulkan semua orang-orang munafik (yaitu yang ikut merayakan Natalan, ikut mengucapkan Selamat Natal serta ikut jaga Gereja Natal) dan orang-orang kafir di dalam Jahannam.

image

. عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: ” لا تبدئوا اليهود والنصارى بالسلام، وإذا لقيتم أحدهم في الطريق، فاضطروهم إلى أضيقه” (رواه مسلم)

Dari Abu Hurairah RA bahwa Nabi SAW bersabda: Jangan kalian memulai ucapan SELAMAT kepada kaum Yahudi dan Nasrani, dan jika kalian menemui mereka di satu jalan, maka paksalah mereka agar melewati jalan yang tersempit. (HR. Muslim).

KH. Luthfi Bashori juga meminta agar umat Islam tidak ikut membeli dan meniup Terompet Tahun Baru, karena masih termasuk rentetan perayaan Natal.

“Jika kita punya anak atau cucu yang masih kecil lantas minta dibelikan Terompet Tahun Baru, sebaiknya jangan dituruti, kalaupun mereka menangis dan merengek-rengek, itu jauh lebih baik bagi anak-anak dan cucu-cucu kita, biar saja mereka merengek-rengek di dunia, daripada kelak menangis ketakutan di akhirat menghadapi siksaan Allah”.

Reportase NUGarisLurus.com


Artikel Terkait