Berbeda Dengan ISIS Dan Al Qaeda, Sebenarnya Taliban ‘Tholiban’ (طالبان) Bermazhab Hanafi

Shortlink:

image

Allahu Yarham Mullah Muhammad Umar Al Mujahid

NUGarisLurus.Com – Mungkin sebagian kalangan berpendapat bahwa semua gerakan perlawanan dan radikal terutama teroris yang diburu oleh Amerika dan sekutunya adalah wahabi seperti Al Qaeda dan ISIS.

Namun sebenarnya Taliban atau Tholiban (طالبان) jama’ dalam bahasa Pastun Afganistan dari (طالب) yang bermakna santri atau pelajar adalah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah bermazhab Fiqh Imam Abu Hanifah dan dalam tauhid bermazhab Aswaja Al Maturidiyyah.

image

Pemimpin Tholiban Mullah Muhammad Umar Al Mujahid yang wafat Juli 2015 belum lama ini dalam sejarahnya saat pertama kali mendapatkan baiat selaku Amirul Mukminin pada tahun 1994 yang dulu beliau lakukan saat berjihad melawan Uni Soviet (Sekarang Rusia red) adalah mengumpulkan para pelajar dan santri madrasah ‘Deobandiyah’ sebuah madrasah Aswaja bermazhab Hanafi yang terkenal di India, Pakistan, Afganistan, Kawasan Asia Selatan dan Tengah. (Lihat sumber asli Wikipedia Bahasa Arab).

Madrasah Deobandi adalah cikal bakal para pelajar dan santri yang dalam bahasa arab di sebut Tholib dan dibuat makna jama’ atau banyak santri dan pelajar yang dalam bahasa orang Pastun Afganistan disebut Tholiban yang sekarang orang sebut Taliban.

Pengganti Mullah Muhammad Umar setelah wafat hari ini adalah Mullah Akhtar Muhammad Manshur. Mullah Manshur dibaiat oleh Taliban untuk mengusir penjajah Amerika dan Sekutunya dari bumi kaum muslimin Afganistan.

image

Mullah Akhtar Muhammad Manshur

Jika kita mau meneliti dari pakaian yang di gunakan Taliban adalah adalah pakaian Sunni Aswaja lengkap dengan Imamah. Pakaian yang tidak akan di gunakan pengikut wahabi yang tidak pernah dijumpai memakai sunnah imamah.

image

image

Berbeda dengan Al Qaeda dan ISIS yang memang faktanya beraqidah wahabi dan takfiri seperti di kawasan Suriah dan Yaman selatan yang dikenal dengan nama AQAP, Taliban atau Tholiban yang asli dulu bermazhab Aswaja. Entah jika hari ini sudah berubah. Wallahu Alam

Jika memang hadits akhir zaman tentang pasukan membawa Panji Hitam dari timur Khurasan adalah Tholiban maka mungkin lebih pantas daripada klaim ISIS dan Al Qaeda yang hari ini Taliban atau Tholiban juga dikafirkan oleh ISIS. Ihdinas Shirothol Mustaqim. Wallahul Musta’an.


Artikel Terkait