Ketua PC GP Ansor Ini Ungkap Rekayasa Kongres Dan Pemaksaan Calon

Shortlink:

image

image

NUGarisLurus.Com – Peristiwa rekayasa dan pelanggaran Muktamar NU ke-33 di alun-alun Jombang menularkan virus ke Kongres Ansor ke-15 yang digelar di Komplek III Pondok Pesantren Pandanaran, Yogyakarta.

Keputusan PP GP Ansor tak menerbitkan Surat Keputusan (SK) kepengurusan buat sejumlah pengurus cabang (PC) dinilai bernuansa politis. Sebab, menurut Ketua PC Ansor Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, Ahmad Sahri Kurnianto, SK sejumlah PC akan diberikan jika memberikan dukungannya kepada salah satu kandidat Ketua Umum yaitu Yaqut Cholil Qoumas.

“Ya, dari 10 PC di Sumatera Selatan, ada delapan yang belum diberi SK. Nah, delapan PC ini akan diberi SK bila mau menandatangani surat pernyataan mendukung Gus Yakut (Yaqut Cholil Qoumas),” ungkap Sahri kepada Monitorday, Kamis (26/11).

Ketua Pengurus Cabang (PC) Ansor Kabupaten Lahat, Ahmad Sahri Kurnianto meyakini, tak cuma 8 PC Ansor di Sumatera Selatan yang tersandera oleh masalah SK. “Saya yakin di daerah lain juga mengalami hal seperti ini,” ujarnya.

Sahri mengaku akan menggalang dan mengajak seluruh PC yang ‘didzalimi’ oleh PP GP Ansor. Sahri menilai penyanderaan SK itu merupakan pendzaliman karena, PP GP Ansor mengaku akan memberikan SK itu jika memberikan pernyataan dukungannya kepada salah satu kandidat yakni Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yakut. Gus Yakut adalah saudara Yahya Staquf yang kini jadi Katib Am dalam PBNU pimpinan Said Aqil Siroj. Gus Yakut kini anggota DPR RI dari FKB.

Kerjasama Lion Air Rusdi Kirana

image

Gerakan Pemuda (GP) Ansor memilih maskapai Lion Air sebagai pesawat resmi selama pelaksanaan Silaturahmi Akbar dan Kongres XV oganisasi kepemudaan itu. Sebagai simbol kerja sama itu, Ketua Umum GP Ansor Nusron Wahid dan CEO Lion Group Edward Sirait secara resmi memasang logo Kongres GP Ansor di badan pesawat Lion Air. Edward Sirait adalah jemaat dan ketua panitia pembangunan HKBP Wisma Asri, Bekasi Utara yang merupakan pemeluk taat Kristen Batak Protestan.

Selain nama Edward Sirait, tokoh kristen yang juga pemilik Lion Air adalah Rusdi Kirana. Meskipun beragama kristen, Rusdi Kirana menjabat sebagai wakil ketua umum DPP PKB yang merupakan orang kedua dalam partai itu setelah Muhaimin Iskandar. Pada 19 Januari 2015 , Rusdi Kirana dipilih oleh Joko Widodo untuk menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Wallahu Alam


Artikel Terkait