Hujjatul Islam Imam Al Ghazali: “Rusaknya Rakyat Karena Penguasa, Rusaknya Penguasa Karena Rusaknya Ulama”

Shortlink:

image

NUGarisLurus.Com – Kitab penuh hikmah yang ditulis oleh Hujjatul Islam Imam Muhammad Bin Muhammad Bin Muhammad Al Ghazali Rahimahullah إحياء علوم الدين (Menghidupkan Ilmu -Ilmu Agama).

Berikut ini pernyataan dan kutipan akhir Imam Ghazali dalam akhir Kitab Hisbah Amar Makruf Nahi Munkar dari Kitab Ihya Ulumuddin Juz II Hal. 385.

ففساد الرعايا بفساد الملوك، و فساد الملوك بفساد العلماء، و فساد العلماء باستلاء حب المال والجاه، ومن استولى عليه حب الدنيا لم يقدر على الحسبة على اﻷراذل، فكيف علي الملوك واﻷكابر؟ والله المستعان علي كل حال.

Setelah menulis keberanian para ulama salaful ummah tentang banyak dari mereka yang sangat berani berhisbah yaitu beramar makruf nahi munkar bahkan terhadap para penguasa yang zalim hingga siap syahid dibunuh para penguasa karena mengamalkan hadits.

أفضل الجهاد كلمة حق عند سلطان جائر

“Jihad yang paling utama adalah menyampaikan kalimat kebenaran didepan penguasa rusak yang menyimpang”.

Maka terakhir Imam Ghazali memberikan penutup: “Bahwasanya Rusaknya Rakyat/Masyarakat Umum Disebabkan Karena Rusaknya Para Penguasa, Sedangkan Rusaknya Para Penguasa Disebabkan Karena Rusaknya Para Ulama. Para Ulama Rusak Karena Terperdaya Kecintaan Harta Dan Wibawa/Tahta”.

Imam Al Ghazali melanjutkan bahwa “Barangsiapa Yang Terperdaya Kecintaan Terhadap Dunia, Maka Dia Tidak Akan Mampu Dan Kuasa Berhisbah Melakukan Amar Makruf Nahi Munkar Terhadap Perkara Yang Remeh,Kecil Dan Sepele. Bagaimana Mungkin Dia Akan Mampu Berhisbah Amar Makruf Nahi Munkar Terhadap Para Penguasa Dan Perkara -Perkara Yang Besar?

Wallahul Musta’an ‘Alaa Kulli Hal.

Penulis: Muhammad Lutfi Rochman
Khuwaidim Ma’had Al Anshory.


Artikel Terkait