Apa itu CINTA?

Shortlink:

image

NUGarisLurus.Com – Ini adalah CINTA yang hakiki ummat nabi Muhammad Shollahu ‘Alaihi wasallama terhadap kekasih dan panutan pembimbingnya Al Habib Sayidina Muhammad Shollahu ‘alaihi wasallama.

.الحب…
ﻣﺎ ﻫﻮ ﺍﻟﺤُﺐ ؟؟
ﻫﻮ ﻋﻠﻲٌّ ﺣﻴﻦ ﻳﻨﺎﻡ ﺑﺪﻻً ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﷺ ﻓﻲ ﻓﺮﺍﺷﻪ ﻭﻫﻮ ﻳﻌﻠﻢ ﺃﻥ ﺍﻟﻘﻮﻡ ﺍﺟﺘﻤﻌﻮﺍ ﻟﻘﺘﻞ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﷺ ﻭﺃﻧﻪ ﻗﺪ ﻳﻤﻮﺕ ﻋﻠﻰ ﻧﻔﺲ ﺍﻟﻔﺮﺍﺵ !!

ﺍﻟﺤﺐ ..
ﻫُﻮ ﺑﻼﻝ ﺣﻴﻦَ ﻳﻌﺘﺰﻝ ﺍﻷﺫﺍﻥِ ﺑﻌﺪ ﺭﺣﻴﻞ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﷺ ، ﻓﻠﻤﺎ ﺃﺫﻥَ ﺑﻃﻠﺐ ﻣﻦ ﻋُﻤْﺮ ﻋﻨﺪ ﻓﺘﺢ ﺑﻴﺖ ﺍﻟﻤﻘﺪﺱ ﻟﻢ ﻳُﺮ ﻳﻮﻣًﺎ ﻛَﺎﻥ ﺃﻛﺜﺮَ ﺑﻜﺎﺀً ﻣﻨﻪ ﻋﻨﺪﻣﺎ ﻗﺎﻝ ﺃﺷﻬﺪ ﺍﻥ ﻣﺤﻤﺪﺍً ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ .

Cinta?
Apa itu Cinta?
Cinta adalah tatkala Ali ra tidur menggantikan posisi nabi ditempat tidur nabi shollahu ‘Alaihi wasallama padahal Ali ra tahu bahwa kaumnya telah berkumpul untuk membunuh nabi dan dia bisa saja mati ditempat tidur tersebut.

Cinta…
Cinta adalah Bilal ra ketika mencoba kembali azan setelah wafatnya rosul shollahu ‘alaihi wasallama. Maka ketika dia kembali azan atas permintaan Umar ra saat Baitul Makdis berhasil ditaklukkan, Isak tangis tidak pernah dilihat disepanjang kehidupan Bilal lebih banyak dibanding ketika dia melafadkan أشهد أن محمدا رسول الله.

ﺍﻟﺤﺐ ..
ﺣﺮﻓﻴﺎً ﻭﻓﻌﻠﻴﺎً، ﻳﺘﺠﺴّﺪ ﻓﻲ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﷺ ‏( ﻻﺗﺆﺫﻭﻧﻲ ﻓﻲ ﻋﺎﺋﺸﺔ ‏) .

ﺍﻟﺤﺐ ..
ﻳﻘﻮﻝ ﺃﺑﻮ ﺑﻜﺮ : ﻛﻨﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻬﺠﺮﺓ، ﻓﺠﺌﺖ ﺑﻤﺬﻗﺔ ﻟﺒﻦ ﻓﻨﺎﻭﻟﺘﻬﺎ ﻟﺮﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻗﻠﺖ ﻟﻪ : ﺍﺷﺮﺏ ﻳﺎﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ
ﻳﻘﻮﻝ ﺃﺑﻮ ﺑﻜﺮ : ﻓﺸﺮﺏ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺣﺘﻰ ﺍﺭﺗﻮﻳﺖُ
.
ﺍﻟﺤﺐ ..
ﻫﻮ ﺍﻟﺰﺑﻴﺮ ﻳﺴﻤﻊ ﺑﺈﺷﺎﻋﺔ ﻣﻘﺘﻞ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﷺ ﻓﻴﺨﺮﺝ ﻳﺠﺮ ﺳﻴﻔﻪ ﻓﻲ ﻃﺮﻕ ﻣﻜﺔ ﻭﻫﻮ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺨﺎﻣﺴﺔ ﻋﺸﺮ ، ﻟﻴﻜﻮﻥ ﺳﻴﻔﻪُ ﺃﻭﻝ ﺳﻴﻒ ﺳﻞَّ ﻓﻲ ﺍﻹﺳﻼﻡ .

ﺍﻟﺤُﺐ ..
ﻫُﻮ ﺭﺑﻴﻌﺔ ﺑﻦ ﻛَﻌﺐ ﺣﻴﻦَ ﻳﺴﺄﻟﻪ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﷺ ﻣﺎﺣﺎﺟﺘﻚ ؟ ،
ﻓﻴﻘﻮﻝ : ﺃﺳﺄﻟﻚ ﻣﺮﺍﻓﻘﺘﻚ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻨﺔ .

ﺍﻟﺤُﺐ ..
ﻫﻮ ﺍﻣﺮﺃﺓ ﺑﻨﻲ ﺩﻳﻨﺎﺭ ، ﺣﻴﻦ ﻳﺨﺮﺝُ ﺯﻭﺟﻬﺎ ﻭﺃﺑﻮﻫﺎ ﻭﺃﺧﻮﻫﺎ ﺇﻟﻰ ﺃﺣﺪ ﻓﻴﺳﺘﺸﻬﻮﺩﻭﻥ ﺟﻤﻴﻌﺎً ﻓﻲ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻳُﻨﻌﻮﻥ ﻟﻬﺎ، ﻓﺘﺮﻯ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﷺ ﻓﺘﻘﻮﻝ : ﻛﻞ ﻣﺼﻴﺒﺔ ﺑﻌﺪﻙ ﺟﻠﻞ .

ﺍﻟﺤُﺐ ..
ﻫﻮ ﺛﻮﺑﺎﻥ ﺣﻴﻦ ﻳﺴﺄﻟﻪُ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﷺ : ﻣﺎ ﻏﻴَّﺮ ﻟﻮﻧﻚ ؟
ﻓﻴﻘﻮﻝ : ﻣﺎﺑﻲ ﻣﺮﺽٌ ﻭﻻﻭَﺟﻊ ﺇﻻ ﺃﻧِّﻲ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﺃﺭَﻙَ ﺍﺳﺘﻮﺣﺸﺖُ ﻭﺣﺸَﺔ ﺷﺪﻳﺪَﺓ ﺣﺘﻰ ﺃﻟﻘﺎﻙ .

ﺍﻟﺤُﺐ ..
ﻋﻨﺪﻣﺎ ﻳﻘﻮﻝ ﺍﻟﺼﺪﻳﻖ ﻟﻠﺮﺳﻮﻝ ﷺ ﻗﺒﻞ ﺩﺧﻮﻝ ﺍﻟﻐﺎﺭ : ﻭﺍﻟﻠﻪ ﻻﺗﺪﺧﻠﻪ ﺣﺘﻰ ﺃﺩﺧﻞ ﻗﺒﻠﻚ، ﻓﺈﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻓﻴﻪ ﺷﺊ ﺃﺻﺎﺑﻨﻲ ﺩﻭﻧﻚ .

ﺍﻟﺤُﺐ ..
ﻫُﻮ ﺃﺑﻮﺑﻜﺮ ﻳﺒﻜِﻲ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﷺ ﻟﻤﺎ ﺑﺪﺕ ﻃﻼﺋﻊ ﺭﺣﻴﻠﻪ ، ﻓﻴﻮﺍﺳﻴﻪ ﷺ : ﻻﺗﺒﻚِ ، ﻟﻮﻛﻨﺖُ ﻣﺘﺨﺬًﺍ ﻣﻦ ﺍﻟﺒﺸﺮﺧﻠﻳﻼً ﻻﺗﺨﺬﺕُ ﺃﺑﺎﺑﻜﺮﺍً ﺧﻠﻴﻼ .

ﻗﺎﻝ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﷺ :
“ ﻣِﻦ ﺃﺷﺪِّ ﺃﻣﺘﻲ ﻟﻲ ﺣﺒًﺎ ﻧﺎﺱٌ ﻳﻜﻮﻧﻮﻥَ ﺑَﻌﺪﻱ ﻳﻮﺩُ ﺃﺣﺪﻫُﻢ ﻟﻮ ﺭﺁﻧﻲ ﺑﺄﻫﻠﻪِ ﻭ ﻣﺎﻟﻪِ .”

Cinta…
Cinta yang benar secara secara bentuk maupun kenyataan adalah melingkupi nabi shollahu ‘alaihi wasallama saat beliau bersabda: “Jangan kalian menyakitiku di dalam apapun soal ‘Aisyah”.

Cinta…
Berkata Abu Bakar ra: Saat kita hijrah bersama Nabi, Maka saya membawakan campuran susu yang encer dan kuberikan kepada Rasulullah, Lalu  saya berkata: “Minumlah wahai Rasulullah”.
Abu Bakar menceritakan: Maka Nabi pun meminumnya sampai hilang dahaga.

Cinta…
Adalah Zubair ra saat mendengar gosip terbunuhnya Nabi, Maka Zubair ra keluar sambil menyeret pedangnya di jalan -jalan kota Makkah yang penuh dengan musuh dari kaum musyrikin Quraish, padahal kala itu umurnya baru 15 tahun. Dia melakukannya supaya pedangnya adalah pedang pertama yang keluar dalam sejarah Agama Islam.

Cinta..
Dia adalah Rabi’ah bin Ka’ab ra saat Rasulullah bertanya kepadanya. Apa kebutuhanmu?
Maka Rabi’ah menjawab: “Saya meminta kepadamu agar menjadi temanmu di surga”.

Cinta…
Adalah perempuan dari kabilah suku Bani Dinar, Ketika Suami, Bapak, dan Saudaranya keluar ke medan perang uhud akhirnya semuanya mati syahid gugur sebagai syuhada dijalan Allah, Lalu disampaikan kabar itu kepadanya.
Namun saat dia melihat Rasulullah tidak terkena bahaya apapun, Dia berkata kepada Nabi: “Semua musibah akan tertutup setelah melihatmu”.

Cinta…
Adalah Tsauban ra saat Rasulullah bertanya kepadanya; Kenapa warna tubuhmu berubah?
Tsauban pun menjawab: “Diriku tidak sakit maupun terluka Namun sesungguhnya jika aku tidak melihatmu, Rasanya sangat gelisah dengan kegelisahan yang amat sangat hingga aku bisa menemuimu”.

Cinta…
Ketika Abu Bakar Shiddiq berkata kepada Rasulullah saat sebelum masuk Gua Tsur; “Demi Allah, Jangan engkau memasukinya sebelum aku masuk terlebih dulu, Maka jika didalamnya ada sesuatu yang membahayakan biarlah mengenaiku jangan sampai mengenaimu”.

Cinta…
Adalah Abu Bakar ra yang menangisi Rasulullah saat mulai jelas pertanda akan hari kepergian Nabi. Lalu Nabi pun menghiburnya: “Jangan menangis! Jika saja aku mau mengambil manusia sebagai teman dekat, Maka aku akan mengambil Abu Bakar sebagai teman dekatku”.

Bersabda Rasululullah Shollahu ‘Alahi Wasallama: “Dari golongan ummatku yang paling mencintaiku adalah sekelompok golongan manusia yang tidak pernah melihatku nanti dan mereka berharap jika saja dapat melihatku bersama keluarga dan harta bendanya”.

ﺍﻟﻠﻬﻢّ ﺻﻞ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﺑﺎﺭﻙ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﺍﻷﻃﻬﺎﺭ ﺍﻷﺑﺮﺍﺭ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﺍﻷﺣﺒﺔ ﺍﻷﺧﻴﺎﺭ ﻭﻋﻨﺎ ﻣﻌﻬﻢ ﻭﺟﻤﻴﻊ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﺑﺮﺣﻤﺘﻚ ﻳﺎﺃﺭﺣﻢ ﺍﻟﺮﺍﺣﻤﻴﻦ .
“ ﺑﺄﺑﻲ ﺍﻧﺖ ﻭﺃﻣﻲ ﻳﺎﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ …”

Demi bapak dan ibu kami sebagai tebusannya Wahai Rasulullah!

ﺇﻧﺸﺮﻭﻫﺎ ﻣﺤﺒﺔً .. ﻻﻥ ﻣﺤﺒﺔ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﷺ ﺭﺍﺣﺔ ﻟﻠﻘﻠﻮﺏ .

Sebarkan karena cinta, Sesungguhnya mencintai nabi Muhammad Shollahu ‘Alaihi wasallama menjadika tentramnya hati.

Wallahu Alam


Artikel Terkait