Kajian Berseri Mengajari Wahabi Mazhab Hanbali: Permulaan Cara Bersuci

Shortlink:

image

Penulis Muhammad Lutfi Rochman Khuwaidim Ma’had Al Anshori

Kitab Cara Bersuci

NUGarisLurus.Com, – Kaum salafi wahabi sering marah dan tersinggung jika di anggap pengikut Muhammad Bin Abdul Wahhab. Mereka lebih bangga jika mengaku pengikut mazhab Imam Ahmad Bin Hanbal. Lalu sudah benarkah klaim mereka?

Kami akan membuat kajian berseri untuk kaum wahabi tentang fiqh mazhab hanbali supaya mereka mau kembali kepada mazhab Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Imam Ahmad Bin Hanbal bukan mazhab Ibnu Taimiyyah apalagi Muhammad Bin Abdul Wahhab.

image

Kitab yang menjadi pilihan untuk dikaji adalah kitab paling ikhtishar dan ringkas dari mazhab hanbali (كتاب أخصر المختصرات في الفقه علي مذهب اﻹمام أحمد بن حنبل) yang di tulis oleh ulama mazhab Hanbali Al Imam Muhammad Bin Badruddin Bin Balbana Ad Dhimasqy Al Hanbali.

image

كتاب الطهارة

Kitab Yang Menjelaskan Cara Bersuci

المياه ثلاثة: اﻷول وهو الباقي علي خلقته ومنه مكروه كمتغير بغير ممازج. ومحرم ﻻيرفع الحدث ويزيل الخبث وهو المغصوب وغير بئر الناقة من ثمود

Macam -macam air ada 3: pertama, Air suci dan mensucikan yaitu air yang masih tetap sesuai asal bentuk penciptaan pertama seperti air hujan dan air bersumber dari bumi. Pembagian Air Suci mensucikan dan hukumnya;

– Termasuk juga adalah air yang makruh di gunakan seperti air yang berubah dengan tanpa campuran misalnya dengan minyak.

– Dan air yang haram di gunakan dan dan tidak bisa menghilangkan hadats tetapi bisa menghilangkan kotoran yaitu Air hasil dari Ghosob (air yang bukan haknya), dan termasuknya selain air sumur unta kaum Tsamud Nabi Sholeh As.

image

الثاني، طاهر لا يرفع الحدث ولا يزيل الخبث وهو المتغير بممازج طاهر ومنه يسير مستعمل في رفع الحدث.

Yang kedua, Air suci yang tidak bisa menghilangkan hadats dan juga tidak bisa menghilangkan kotoran yaitu air yang berubah dengan sebab tercampur barang yang suci. Termasuk dari golongan ini adalah air sedikit yang musta’mal atau air yang sudah pernah di gunakan dalam menghilangkan hadats.

الثالث: نجس يحرم استعماله مطلقا، وهو ما تغير بنجاسة في غير محل تطهير أو لاقاها في غيره وهو يسير، والجاري كالراكد والكثير قلتان، وهما مائة رطل وسبعة أرطال وسبع رطل بالدمشقي واليسير مادونهما

Ketiga, Air najis yang haram di gunakan secara muthlak. yaitu air yang berubah sebab najis di selain tempat bersuci atau bercampur dengan najis di selain tempat bersuci tapi airnya sedikit. Air yang mengalir hukumnya seperti air yang berhenti.

Adapun ukuran air banyak adalah 2 kullah. yaitu 107 ditambah 1/7  rithl ukuran Damaskus. adapun air sedikit di bawah ukuran tersebut. Wallahu Alam

Www.NUGarisLurus.Com


Artikel Terkait