Klarifikasi Atas Ceramah Berlebihan KH Marzuki Mustamar Membawa Nama Mbah Moen

Shortlink:

image

Sarang, Rembang – Beredar di youtube dan rekaman ceramah dari tokoh gusdurian asal Malang KH Marzuki Mustamar yang membawa nama Hadhrotu Syaikh KH. Maimun Zubair. Dalam berbagai ceramahnya dia selalu menceritakan bahwa yang membiayai SEMUA acara pernikahan putra Mbah Moen adalah Gus Dur.

Putra KH. Maimoen Zubair yaitu KH. Muhammad Wafi dan KH. Muhammad Najih saat berbincang dengan NUGarisLurus.Com menyatakan bahwa ceramah tersebut berlebihan dan di tambah -tambahi.

Gus Najih kepada NUGarisLurus.Com menjelaskan bahwa acara pernikahan SALAH SATU BUKAN SEMUA putra Mbah Moen di satu waktu sang besan mengundang Gus Dur. Dan saat itu Mbah Moen tidak hadir tetapi hanya mewakilkan. Karena sang besan sahabat Gus Dur maka ada kemungkinan Gus Dur ikut membiayai acara pernikahan di tempat sang besan yang tidak di hadiri Mbah Moen.

Itulah cerita sesungguhnya dan dengan klarifikasi ini, Semoga Bapak Kyai Marzuki Mustamar berhenti untuk mencatut nama Mbah Moen di setiap ceramahnya di berbagai tempat. Karena seorang ulama seharusnya menceritakan sesuatu sesuai dengan kadarnya dan tidak berlebihan hanya demi mengkultuskan seorang Gus Dur.

Gus Najih juga mengungkapkan bahwa KH. Marzuki Mustamar pernah menuding Gus Najih yang murid Abuya Sayid Muhammad Al Maliki sebagai wahabi. Wal’iyadzubillah. Namun setelah Gus Najih justru menulis buku menolak wahabi, Kyai Marzuki menggunakan jalan lain dengan membawa nama ayahanda beliau Mbah Moen untuk membuat propaganda. Wallahu Alam

Wallahul Musta’an. Hasbunallah Wa Nikmal Wakiil.


Artikel Terkait