Survei: Mayoritas Rakyat Suriah Mendukung Keputusan As Syahid Syeikh Said Ramadlan Al Buthi Mengenai Suriah

Shortlink:

Foto Syaikh Al-Bhuty bersama KH. Maimun Zubair

Foto Syaikh Al-Bhuty bersama KH. Maimun Zubair

 

As Syahid Syeikh Said Ramadhan Al Buthi adalah ulama Suriah amat berpengaruh
dan pendapatnya didengar oleh umat Islam.

Dalam persoalan konflik Suriah, Syeikh Al Buthi juga memiliki pandangan tersendiri, yang kadang berbeda dengan pandangan ulama-ulama Suriah lainnya. Jika ada sebagian ulama Suriah memilih mendukung oposisi bersenjata melawan pemerintah Basyar Al Asad, Syeikh Al Buthi tidak mendukung oposisi bersenjata melawan pemerintahan Basyar, namun Syeikh Al Buthi juga menyerukan agar pihak militer tidak melakukan kedzaliman, disamping itu ia juga menasihati Basyar Al Asad secara langsung.
Di awal konflik, Syeikh Al Buthi juga menyerukan masyarakat untuk tidak turun ke jalan, baik yang pro pemerintah maupun yang kontra.

Tentu, ada yang mengikuti sikap Syeikh Al Buthi tersebut dan di sisi lain tidak sedikit pula yang
menentang.

Namun setelah Syeikh Al Buthi dibunuh syahid saat mengajar di masjid Al Iman Damaskus, ada
pandangan yang berubah terhadap Syeikh Al Buthi. Situs Nasheem Al Syam yang merupakan situs resmi masjid Umawi Damaskus menggelar polling mengenai pandangan pembaca terhadap sikap Syeikh Al Buthi pasca wafatnya.

Dari hasil sementara polling yang hingga saat ini masih berlangsung menunjukkan bahwa 18 % peserta polling akhirnya memilih pandangan Syeikh Al Buthi setelah sebelumnya mereka tidak setuju. Sedangkan 67 % tetap berpendapat setuju dengan sikap Syeikh Al Buthi dan sebelumnya mereka juga berpendapat demikian. Sedangkan 15 % menyatakan tetap tidak setuju dengan sikap Syeikh Al Buthi. Saat ini, yang responden dalam polling itu 2941 orang.

 


Artikel Terkait