KH. HASYIM MUZADI: TOLAK Hukuman Mati, Sebenarnya KOMNAS HAM Bela Siapa?

Shortlink:

 

Mantan Ketua PBNU KH. Hasyim Muzadi mempertanyakan penolakan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atas hukuman mati terhadap terpidana kasus peredaran narkoba.

“Saya ingin penjelasan dari Komnas HAM, HAM-nya siapa yang dibela, sementara akibat gembong-gembong narkoba itu korbannya jutaan orang. Terus, HAM-nya siapa ini yang dibela Komnas HAM?” kata KH. Hasyim di Istana Wakil Presiden di Jakarta, Rabu (11/3/2015).

Menurut KH. Hasyim, vonis hukuman mati yang diberikan kepada para terpidana kasus peredaran narkoba itu sudah tepat karena menyangkut keselamatan Negara. Siapa pun yang terbukti bersalah karena mengedarkan narkoba di Tanah Air, lanjut dia, harus menerima risiko paling tinggi hukuman mati.

“Menurut saya, ini kembali pada keselamatan Negara. Kalau keselamatan Negara yang dipertahankan adalah hak hidup generasi muda, ya itu pantaslah kalau dihukum maksimal mereka itu,” jelasnya.

Terkait kedatangan salah satu anggota Senat Australia ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Selasa (10/3/2015), Hasyim mengatakan itu hanya upaya diplomasi yang dilakukan Australia, dan tidak akan mempengaruhi pendirian NU terkait hukuman mati terhadap gembong narkoba.

“Di negaranya, mereka juga memberlakukan hukuman mati. Jangan dikira tidak? Sehingga mereka ke sini itu untuk diplomasi. Itu pun untung-untungan kalau Indonesia mau,” jelasnya.


Artikel Terkait