[DOWNLOAD] DEBAT ORANG AWAM MENGALAHKAN BEBERAPA PEMIMPIN JIL ULIL, ABDUL MUQSITH GOZALI, LUTFI ASY SYAUKANI DKK

Shortlink:

Inilah record diskusi via surat elektronik (email) antara seorang awam (Yusuf Anshar) dengan seorang intelek liberal yang tidak lain adalah Koordinator Jaringan Islam Liberal (JIL ) Ulil Abshar Abdalla dengan beberapa temannya seperti Abdul Muqsith Gozali, Lutfi Asy Syaukani, Nong Darol Mahmada dkk.

Sesungguhnya syubhat-syubhat (wacana-wacana untuk menimbulkan keraguan dan kerancuan terhadap ajaran Islam) yang dilontarkan oleh kaum liberal tidaklah bernilai apa-apa. Untaian dalil-dalil al-Quran dan al- Hadits sudah cukup jelas dan lugas untuk membantah ocehan dan bualan mereka yang ngawur.

Bila kemudian seorang awam membantah bualan mereka dengan sedikit berolah-akal, hal itu karena “gemas” melihat kepongahan dan kelancangan mereka. Seakan-akan hanya merekalah yang berakal, sedang orang-orang yang beragama dengan “lugu” (lurus dan gugu = taat) adalah orang-orang yang pandir (sufaha’).

Keculasan berpikir mereka sangka kecerdasan berpikir. Keliaran dan kebablasan berpikir mereka kira bagian dari kebebasan berpikir. Puhh!!!

Dalam perdebatannya, “orang awam” tidak banyak mengutip dalil (al-Quran dan al-Hadits). Asumsinya, kaum liberal sebetulnya tidak percaya dengan keduanya. Kalaupun percaya (percaya macam apa?), al-Quran dan al-Hadits bagi mereka hanyalah sebagai objek permainan, bahan diskusi dan perdebatan, bukan sebagai sumber pengetahuan dan petunjuk.

Diskusi ini terbagi atas beberapa babak: file-file nya bisa di download di sini ini hanya untuk wacana dan pengetahuan pemikiran semata.

download


Artikel Terkait