Apakah Gus Dur Habib

Shortlink:

ANTARA DUA SUBHAT [Benar Salahnya Ke-Habib-an Gusdur.
(Habib Muhammad Luthfi bin Yahya)

habibi luthfiBanyak Yang Bertanya Mengenai Ini, Alhamdulillah Habib Luthfi Bin Yahya Pekalongan Sudah Pernah Klarifikasi Bantahan Tentang Nasab Gus Dur. Di beberapa blog dan website di internet banyak beredar pemberitaan, bahwa Al Habib M. Luthfi adalah tokoh yg menyatakan bahwa Gusdur termasuk Haba’ib, Sayid, Yik, Sidi, Aip/Ayip atau Syed menurut panggilan daerah masing-masing.

Dalam pemberitaan itu disebutkan, ”… sumber ini konon telah diteliti dan direstui oleh Rais Am Jam’iyah Ahlith Thoriqoh Al-Muktabaroh An-Nahdliyyah oleh Al-Habib M. Lutfi Ali Yahya asal Pekalongan. Menurut sumber itu, nasab lengkap Gusdur adalah sebagai berikut :

KH. Abdurrahman Wahid (GusDur)
bin
KH. Abdul Wahid Hasyim
bin
KH. Hasyim Asy’ari
bin
KH. As’ari
bin
Abu Sarwan
bin
Abdul Wahid
bin
Abdul Halim
bin
Abdurrohman (P. Sambud
Bagda)
bin
Abdul Halim (P. Benawa)
bin
Abdurrohman (Jaka Tingkir) bin
Ainul Yaqin (Sunan Giri)
bin
Ishak
bin
Ibrohim Asmuro
bin
Jamaludin Khusen
bin
Ahmad Syah Jalal
bin
Abdulloh Khon
bin
Amir Abdul Malik
bin
Alawi
bin
Muhammad Shohibul Mirbat
bin
Ali Choli’ Qosam
bin
Alawi Muhammad
bin
Muhammad
bin
Alawi
bin Ubaidillah
bin
Ahmad Al-Muhajir Ilallah
bin
Isa Arrumi
bin
Muhammad Annaqib
bin
Ali Al-Uroidi
bin
Ja’far Shodiq
bin
Muhammad Al-Baqir
bin
Ali Zaenal Abidin
bin
Husein putra Siti Fathimah Az-Zahro
binti
Rasulillah, Muhammad saw.

Berita itu dibantah oleh AlHabib M. Luthfi bin Yahya. Mursyid Am Jam’iyyah Thariqah an Nahdhiyah itu mengklarifikasi , bahwa beliau hanya mengatakan kalau ibu Gusdur, Ibu Hj.Nyai Sholichah Munawaroh binti KH. Bisri Sansuri adalah Syarifah. Akan tetapi karena dari jalur ayah, yaitu KH. Wahid Hasyim bukan Habib, maka Gusdur nasab Sayid/Habibnya terputus. Karena nasab sayid dari jalur ayah. Demikian disampaikan oleh Al Habib M. Luthfi pada pertemuan Rabitah Alawiyah pusat di Jakarta, Minggu, 10/05.

‪#‎Namun‬ Bantahan Krarifikasi di atas juga mendapatkan unek-unek dr beberapa mentor Gusdurian seperti dkm blog Muhìbbin dan salah satu blog yg di admini Sya’roni Assyamfury dr sumber orang yg katanya ahli ttg pernasaban yg mengaku bernasab Azmathkan menyatakan bahwa nasab yg tertera salah. Katanya lg, klw dlm kitab Almausu’ah li an Nasab al Imam al Husein, yg katanya karangan ulama keturunan sunan kudus, Gusdur bukanlah generasi ke-33 atau 34 namun ke-38.

Nah knp klarifikasi dr Hb. Luthfi dan bantahan dr Gusdurian dikatakn subhat ? Karena diantara pemuat berita diantara keduanya belum ada klarifikasi langsung kpd jalur pertama yg dibuat sandaran, yakni hb. M. Luthfi. Namun bagi penulis menilai klarifikasi mendekati kebenaran sbb sumber dr orang pertama dan Gusdurian dlm unek-uneknya hanya bersumber dr orang yg disebut namanya (fiktif).

Selanjutnya, bg pembaca yg ingin tau kebenaranya bisa langsung tanya ke habib Muhammad Lutfi bin Yahya .


Artikel Terkait